GURAH

Gurah Mata

Terapi yang disebut gurah mata ini cukup ampuh untuk menyembuhkan gangguan ataupun kelelahan yang biasa menyerang mata. Meski sedikit pedih, namun dijamin mata kita akan lebih tajam dan sehat. Tidak hanya itu, terapi gurah mata ini mampu membantu penyembuhan semua gangguan mata. Mulai dari yang ringan seperti iritasi hingga mata minus atau plus.

Terapi gurah mata ini pun sangat sederhana, dan tidak memakan waktu yang lama. Pasien diminta untuk berbaring, lalu kedua matanya ditetesi ramuan kitolod. Selama kurang lebih satu menit pasien akan merasakan matanya pedih.

 

Gurah Hidung

Gurah adalah membersihkan lendir yang kotor, dan mengandung berbagai kuman penyakit dalam tubuh.

Istilah gurah dikenal kalangan pesinden, penyanyi, qori, ataupun qoriah untuk merujuk proses menyaringkan suara dengan akar tumbuhan sirgunggu (Clerodendron serratum). Selain oleh mereka yang memang memerlukan suara bagus, gurah juga dilakukan untuk menyembuhkan penyakit Asma, Alergi Debu / Udara Dingin, Bronkhitis, Nikotin, Membersihkan pita suara, dll.

Proses pengobatan gurah dilakukan dengan meneteskan cairan rendaman kulit akar tumbuhan sirgunggu ke hidung. Kulit akar ditumbuk, diseduh dalam air panas, diendapkan semalam lalu diteteskan ke hidung kemudian ditelan. Cairan akar itu setelah diendapkan berwarna cokelat kemerahan.

 

Gurah telinga

 

 

 

 

 

 

 

Mengobati berbagai penyakit telinga dan saluran tht seperti; vertigo, sering sakit kepala, migrain, infeksi telinga (congek), telinga berdengung, telinga sakit/nyeri, telinga gatal, dan kurang pendengaran.

Ear Candle bekerja layaknya vacuum cleaner yang menyedot kotoran. Lilin yang dibakar akan menghasilkan panas. Tekanan udara di atas menjadi lebih rendah sehingga asap putih hasil bakaran lilin masuk ke dalam tehinga. Setelah 3/4 lilin terbakar, asap di dalam telinga pun menjadi jenuh. Dengan adanya aliran udara dan tekanan lebih tinggi, asap putih itu akhirnya keluar dari dalam telinga sambil membawa partikel-partikel yang ada di dalam telinga, termasuk wax yang ada di dalam rumah siput.

Leave a comment